12:43:19
3 Tipe Kapasitas Genset Diesel: Primer, Continuous & Standby

Dear Bosku dimanapun kau berada,

Apabila bosku lagi membuka artikel ini, berarti bosku sedang membutuhkan genset? makanya mencari artikel terlebih dahulu tentang genset dan menemukan artikel gala jaya atau hanya sekedar ingin tau? Apapun tujuan bosku, mari kita belajar bersama bosku. Di artikel ini akan membahas perihal kapasitas genset dan bisa dibilang ini pengetahuan dasar yang penting mengenai genset. Salah membeli dalam memilih tipe kapasitas dapat menyebabkan kerugian bos. Memilih kapasitas genset tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar dibandingkan dengan pemakaian aktual. Genset memiliki 3 macam kapasitas yaitu, Primer Power, Continuous Power dan Standby Power.

Dalam memilih genset, hendaknya bosku jeli dalam menentukan kapasitas genset yang ditawarkan oleh vendor, dan tentunnya sesuai dengan pemakaianya.

Berikut Tipe Kapasitas Genset:

Standby Power

Standby power atau daya siaga atau juga disebut sebagai Emergency Standby Power (ESP). Seperti namanya genset ini digunakan ketika saat emergency atau ketika listrik padam. Biasanya Genset ini digunakan pada tempat Perhotelan, Restoran, kafe, Rumah Sakit, Perkantoran, Apartemen, dan Tempat usaha yang membutuhkan energi listrik 24 jam.

Primer power

Primer power atau Rated power (Power Utama) adalah kapasitas daya pada genset yang digunakan tanpa batas waktu (24 jam / Hari). Beban yang bisa naik turun (Beban kejut), tetapi pemakaian beban digunakan rata-rata tidak melebihi 80% atau di operasikan dengan beban sekitar 60 - 70% pada nilai kapasitas prime yang tertera.
Artinya genset dengan tipe Primer power dapat dipakai sebagai sumber energi listrik utama seperti di pabrik, pertambangan, atau daerah yang tidak terdapat sumber listrik seperti dari PLN.

Walaupun kondisi genset dapat dioperasikan 24 jam tanpa henti, namun tetap harus melakukan perawatan rutin dan apabila hendak digunakan dengan beban 100% beban kapasitas prime, sebaiknya genset dioperasikan tidak lebih dari 8 jam sehari.

Kalau mimin sebainya 2 Genset beli dengan pemakaian 12 jam per genset. Selain itu apabila 1 genset problem, genset satunya masih bisa beroperasi selama 24 jam sehingga ada waktu untuk memperbaiki genset yang problem.

Continuous Power

Continuous Power atau power berkelanjutan adalah beban daya yang di tanggung oleh genset secara terus menerus (continuous) secara Konstan 100% tanpa batasan waktu.
Beban secara konstan berarti besar beban relatif stabil dan beban kejut yang minim. Genset yang dipakai secara terus menerus idealnya di bebani dengan beban 70 - 80% dari kapasitas genset yang tertera . Genset contiuous power biasanya digunakan pada Industri seperti menjalankan Elektro motor, Pompa dan lainya.

 

 

 

Category: Artikel | Views: 159 | Added by: galajayadm | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar